Searching...
Monday, April 28, 2014

SPESIES BARU IKAN PISAU LISTRIK DITEMUKAN DI BRAZIL



Salam Lestari dan Salam Konservasi...

Berbagi sedikit informasi mengenai spesies yang baru-baru ini ditemukan oleh para ilmuwan di Brazil. Spesies apakah itu? simak baik-baik info berikut ini.

Para ilmuwan dari University of Massachusetts Amherst dan Instituto Nacional de Pesquisas da Amazônia ( INPA ) di Brazil baru-baru ini melaporkan bahwa mereka telah menemukan genus dan spesies baru ikan pisau listrik di sungai Negro, Brazil.  

Profesor Cox Cristina dan Jose José Antônio Alves Gomes yang merupakan penulis makalah mengenai spesies baru ikan pisau  listrik ini mengambarkannya dalam edisi terbaru jurnal Proceedings of the Sains of Philadelphia. Menurut Prof. Cristina Cox Ferandes dari University of Massachusetts Amherst, ikan pisau listrik yang memiliki nama latin Procerusternachus picuna ini memiliki tubuh yang kecil dengan panjang 75-138 mm. Ikan ini mengeluarkan daya volatse listrik yang sangat kecil sehingga hanya diukur dengan microvolt yang berarti manusia tidak dapat mendeteksi aliran listrik tersebut, berbeda jauh dengan belut listrik yang tergolong ke dalam ordo yang sama dapat mengeluarkan aliran listrik sampai 600 volt. Adapun fungsi dari daya listrik yang dkeluarkan oleh ikan terrsebut digunakan untuk menemukan ikan lain.
 
Spesies Baru, Ikan Pisau Listrik (Procerusternachus picuna) di sungai Negro, Brazil
Spesies Procerusternachus picuna merupakan ikan yang tidak berenang secara bergerombolan. Bahkan mereka saling menjauh untuk menghindari terjadinya sengata listrik antara ikan yang satu dengan ikan yang lain. Selain itu juga ikan jantan dan betina pada spesies ini dapat mengubah kekuatan aliran listrik sehingga tidak saling menyengat.

Menurut para ilmuwan seperti yang dilansir pada situs resmi University of Massachusetts menjelaskan bahwa dalam dua dekade yang lalu terdapat kurang lebih 100 spesies ikan listrik yang terdokumentasikan, namun jumlah itu kini naik hampir dua kali lipat.

0 comments:

Post a Comment

 
Back to top!