Searching...
Tuesday, April 15, 2014

Labuan Cermin, Danau Unik Di Kabupaten Berau

Salam Lestari…

Pernah mendengar objek wisata Labuan Cermin?? Hem..lagi-lagi kita di buat takjub dengan keindahan dan kekayaan alam di negeri kita tercinta, Indonesia. Nah,  bagi anda para pecinta objek wisata unik, pastinya Labuan cermin patut masuk ke dalam salah satu agenda anda untuk liburan nanti yang tidak boleh anda lewatkan.



Objek Wisata Labuan Cermin, Berau

Mengapa di sebut Labuan Cermin?? Sesuai dengan namanya, jika kita berkunjung ke objek wisata tersebut kita akan di suguhkan dengan pemandangan air dengan gradasi warna biru tua, biru muda, putih, dan hijau  yang sangat jernih dan berkilau laksana cermin sampai-sampai kita bisa bercermin diatasnya. Dasar danau yang mempunyai kedalaman lebih dari 3 m ini pun bisa kita lihat dengan jelas dengan aneka biota di danau tersebut yang berenang bebas
air Danau Laksana Cermin

Terletak di Desa Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur , Labuan cermin merupakan sebuah danau yang menyimpan sejuta keindahan dan keunikan yang sampai sekarang masih menjadi misteri.  Mengapa dikatakan unik?? Ya, danau yang letaknya tersembunyi dari pandangan dunia ini memiliki dua cita rasa air yang berbeda yaitu air tawar dan air  asin.  Air tawar bisa kita rasakan di bagian permukaan danau yang bersumber dari mata air yang keluar melalui celah-celah batu. Namun beberapa meter di bawahnya, air akan terasa asin karena bersumber dari air laut. 


Ajaibnya, kedua jenis air ini tidak bercampur. Nah, bila kita menyelam beberapa meter di bawah permukaan danau tersebut, kita akan dapati lapisan keruh yang membatasi antara air tawar dengan air asin. Memang belum ada penelitian yang dapat menjelaskan terbentuknya lapisan tersebut, namun di duga lapisan ini terbentuk dari pembusukan organisme dasar Labuan yang terperangkap yang tidak bisa pergi kemana-mana. Hem..fenomena bukan??. Keunikan tidak cuma sampai di situ, karena danau ini memiliki dua jenis air yang berbeda, tentunya kehidupan biota di danau ini pun beraneka ragam.  Kita bisa temukan ikan jenis air tawar berada di permukaan danau, sedangkan ikan-ikan seperti kakap, ikan putih, dll bisa kita temukan di bagian bawah danau tersebut.

 
Kehidupan biota Danau Labuan Cermin
Akses menuju kawasan objek wisata ini hanya memakan waktu sekitar 15-20 menit dari Desa Biduk-biduk. Di sepanjang perjalanan menuju kawasan tersebut, mata kita akan di sajikan dengan pemandangan bakau dan hutan serta aneka satwa seperti monyet, bekantan, dll yang tentunya menambah keindahan kawasan tersebut.
Pemandangan menuju kawasan objek wisata

Nah, itu tadi sedikit informasi dari saya mengenai salah satu objek wisata Indonesia, Labuan Cermin.
Semoga bias bermanfaat bagi kita semua. Akhir kata…Salam Konservasi.

2 comments:

 
Back to top!