Searching...
Monday, April 14, 2014

Pulau-Pulau Indah di Indonesia

bayusuprianto91@gmail.com



Salam Lestari...
 
Sudah tidak diragukan lagi jika Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi tempat tujuan wisata di seluruh dunia. Salah satu yang menarik perhatian bangsa asing  mengunjungi Indonesia adalah pulau-pulaunya yang terkenal indah dan eksotis.Keindahan pulau di Indonesia tidak hanya terletak pada luas daratannya namun laut yang mengelilingnya pun tidak kalah cantiknya.
Untuk lebih jelasnya,  kali ini saya akan berbagi informasi mengenai pulau-pulau yang harus anda kunjungi ketika berwisata di Indonesia. 


1.  Pulau Raja Ampat 

Kepulauan Raja Ampat, Papua
Mungkin anda sudah tidak asing lagi mendengar pulau yang satu ini. Pulauiniterletak di provinsi Papua bagian utara. Dengan 80% jenis terumbu karang yang ada di dunia, pulau ini tampak sangat indah dan menjadi tujuan utama bagi para pecinta pariwisata bahari. Koleksi terumbu karang yang lengkap seringkali dijadikan sebagai objek penelitian para peneliti kelautan di dunia sehingga tidak heran jika pulau ini termasuk kedalam jajaran pulau terindah dan terkenal bagi para pecinta diving di dunia.

2. Pulau Komodo

Hewan Purba Varanus komodoensis (Komodo)
Pulau yang didaulat sebagai bagian dari keajaiban dunia ini terletak di dekat Flores kepulauan Nusa Tenggara Timur. Taman Nasional Komodo merupakan kawasan yang terdiri dari beberapa pulau dengan perairan lautnya.  Pulau-pulau tersebut menjadi habitat satwa komodo (Varanus komodoensis)  yaitu reptil purba yang tersisa di bumi. Selain komodo, pulau ini juga menyimpan keindahan alam yang lain seperti pink beach yang merupakan pantai yang berpasir cokelat atau putih, Pasir ini berwarna pink berkat campuran pasir putih dan merah. Warna merah sendiri konon katanya berasal dari serpihan koral merah yang hancur.


3.  Pulau Derawan
Pulau yang terletak di kabupaten berau,Kalimantan Utara ini menjadi salah satu objek wisata bahari yang menawan. Derawan merupakan surge tropis yang sempurna. Sinar Matahari yang hangat berpadu dengan pemandangan pantai pasir putih nan halus, pohon kelapa yang melambai, serta laut jernih yang berubah warna dari hijau ke biru kobal. Kehidupan bawah laut di sini luar biasa, Anda akan temukan kura-kura raksasa, lumba-lumba, ikan pari, duyung, barakuda, serta ubur-ubur stingless. Ikan Hiu Derawan di sini merupakan salah satu keragaman hayati yang berharga. Dengan kekayaan bawah lautnya maka tidak mengherankan apabila kemudian Derawan dikenal sebagai salah satu tujuan wisata menyelam terbaik di dunia.
Keindahan Bawah Laut Pulau Derawan
4.   Pulau Kakaban

Bagi Anda yang menggilai diving atau snorkeling dan ingin bermain-main dengan aman bersama ubur-ubur yang  tak menyengat di danau air payau (yang hanya ada dua saja di dunia) maka menyambangi Pulau Kakaban wajib masuk dalam agenda wisata Anda. Pulau Kakaban terletak di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. 
Keberadaan Danau Kakaban adalah salah satu alasan utama wisatawan berkunjung  ke pulau yang tak berpenghuni ini. Pasalnya, danau air payau tersebut memiliki ekositem yang unik (endemik) hasil evolusi dan melibatkan proses kimia, fisika, dan biologi yang rumit dan panjang selama ribuan tahun. Danau endemik ini menjadi rumah bagi jutaan ubur-ubur yang kehilangan kemampuan menyengat, algae yang menjadi karpet di dasar danau, anemon yang berwarna putih dan memangsa ubur-ubur, ikan-ikan, dan biota endemik lainnya. Tercatat hanya ada dua danau air payau jenis ini di dunia: Danau Kakaban di Kepulauan Derawan dan Jellyfish Lake di Palau, Micronesia di kawasan tenggara Laut Pasifik.  Ada empat jenis ubur-ubur tak menyengat di Danau Kakaban: ubur-ubur bulan (Aurelia aurita), ubur ubur totol (Mastigias papua), Tripedalia cystophora, dan ubur-ubur terbalik Cassiopea ornata. 



5.  Pulau Karimun Jawa

Burung Delimun Zamrud di Karimunjawa
  Pulau berikutnya yang juga menarik banyak wisatawan baik asing maupun domestik yaitu Pulau Karimun Jawa. Kepulauan di laut jawa ini terletak di kota Jepara, Jawa Tengah. Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka yang berhabitat disini adalah Elang Laut Dada Putih, penyu sisik, dan penyu hijau. Tumbuhan yang menjadi ciri khas Taman Nasional Karimunjawa yaitu dewadaru (Crystocalyx macrophyla) yang terdapat pada hutan hujan dataran rendah.
Dewadaru (Crystocalyx macrophyla) yang menjadi ciri khas Taman Nasional Karimunjawa
Bagi anda pecinta travelling, belum lengkap rasanya jika pulau-pulau yang saya sebutkan di atas belum anda kunjungi. Jadi sebelum menjelajahi keindahan alam luar negeri alangkah baiknya jika kita mengenali lebih dulu keindahan alam di negeri sendiri.
Salam Konservasi.....


0 comments:

Post a Comment

 
Back to top!