Searching...
Thursday, April 17, 2014

Bunga Rafflesia Bukan Bunga Bangkai (Amorphopallus)


Salam Lestari…
 
Bunga Rafflesia bukan bunga bangkai. Itulah judul untuk postingan saya kali ini. Mengapa? Selama ini banyak orang yang menganggap bahwa rafflesia adalah bunga bangkai dan bunga bangkai itu ya namanya rafflesia, benar bukan?. Disekolah pun ada guru pada mata pelajaran biologi yang mengatakan bahwa bunga bangkai merupakan bunga rafflesia (berdasarkan pengalaman).  Padahal ini jelas-jelas keliru, meski bunga refflesia dan bunga bangka memiliki kesamaan yaitu sama-sama mengeluarkan aroma yang busuk, namun kedua tumbuhan ini memiliki perbedaan baik itu dari segi klasifikasi biologi, bentuk, warna, cara hidupnya, dan siklus hidupnya. Berikut perbedaan antara kedua bunga tersebut.

Bunga Rafflesia merupakan bunga yang termasuk kedalam famili (keluarga) Rafflesiaceae. Bunga Rafflesia merupakan tumbuhan parasit dimana bunga  tidak akan bisa tumbuh tanpa inang untuk diserap nutrisinya. Pada tumbuhan merambat bunga ini bersifat endoparasit, artinya bunga ini akan hidup didalam jaringan atau tubuh inangnya dan  menyebarkan haustoriumnya yang mirip akar di dalam jaringan tumbuhan merambat tersebut. Satu-satunya bagian tumbuhan Rafflesia yang dapat kita lihat di luar tumbuhan inangnya adalah bunga bermahkota lima yang kadang-kadang diameternya mencapai kurang lebih 100 cm dengan berat hingga 10 kg. Tumbuhan ini tidak memiliki batang, daun ataupun akar yang sesungguhnya.  Bunga Rafflesia memiliki banyak jenis dengan penyebarannya berada di kawasan asia tenggara. Salah satu jenis Rafflesia yang kita kenal berasal dari pulau Sumatera yaitu Rafflesia arnoldii.  Berikut klasifikasi untuk bunga Rafflesia.
Rafflesia arnoldi



                          Kingdom : Plantae
                          Divisi     : Magnoliophyta
                          Kelas      : Magnoliopsida
                          Ordo      : Malpighiales
                          Famili    : Rafflesiaceae
                          Genus    : Rafflesia






Bunga bangkai merupakan bunga yang termasuk kedalam keluarga Araceae. Bunga yang memiliki nama latin Amorphophallus titanium ini merupakan tumbuhan endemik dari sumatera, Indonesia. Amorphophallus  memiliki umbi dan memiliki dua fase (vegetatif dan generatif) dalam hidupnya yang muncul secara bergantian. Amorphophallus memiliki bunga yang akan mengembang pada fase generatif kemudian layu untuk kembali melewati siklusnya ke fase vegetatif, dimana akan tumbuh pohon baru di atas umbi bekas bunga bangkai. Berikut klasifikasi untuk bunga bangkai.
Amorphopallus titanium




                           Kingdom : Plantae
                           Divisi     : Magnoliophyta
                           Kelas      : Liliopsida
                           Ordo      : Alismatales
                           Famili    : Araceae
                           Genus    : Amorphopallus
                           Spesies  : Amorphopallus titanium










Nah..itu tadi penjelasan singkat saya mengenai perbedaan antara bunga Rafflesia dan bunga bangkai (Amorphopallus). Jadi, sekali lagi bunga rafflesia bukanlah bunga bangkai.

Semoga postingan kali ini bermanfaat bagi semuanya. Akhir kata..Salam Konservasi

0 comments:

Post a Comment

 
Back to top!