Searching...
Wednesday, April 23, 2014

GINSENG DAPAT MENGOBATI INFLUENZA DAN RSV



Salam Lestari dan Salam Konservasi...
Siapa yang tidak mengenal tanaman ginseng?. Tanaman yang termasuk kedalam suku Araliaceae ini merupakan tanaman herbal yang telah banyak di puji manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Kebanyakan tanaman ini tumbuh dibelahan bumi utara terutama di Korea , Siberia, Manchuria, dan Amerika Serikat. Tanaman ginseng telah sejak lama digunakan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, memperbaiki aliran dan meningkatkan produksi sel darah merah. Baru-baru ini sebuah penelitian menemukan bawa salah satu jenis tanaman ginseng yang berasal dari Korea memiliki khasiat dalam menyembuhkan Infulenza dan RSV (Respiratory Synctyal Virus).
Ginseng telah digunakan sejak lama dalam berbagai pengobatan
Ginseng Merah
Sang-Moo Kang, seorang ilmuwan dari Georgia State University's new Institute for Biomedical Sciences ini mengungkapkan dalam Journal of Molecular Medicine bahwa tanaman ginseng dapat membantu dalam mengobati dan mencegah influenza dan RSV (Respiratory Synctyal Virus), yang merupakan virus pernapasan yang menginfeksi paru-paru dan saluran pernapasan. Penelitian Kang berfokus dalam merancang dan mengembangkan vaksin yang efektif terhadap penyakit virus influenza dan RSV. Bekerjasama dengan universitas dan lembaga di Korea Selatan dalam penelitiannya, Kang ingin mempelajari apakah tanaman yang memiliki nama latin Panax ginseng ini dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan dan melindungi tubuh terhadap penyakit tersebut, mengingat tanaman ginseng ini memiliki manfaat potensial dalam memerangi virus. Seperti yang telah banyak dilaporkan bahwa tanaman ginseng memiliki kandungan sebagai anti-kanker, anti-inflamansi dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Dalam penelitiannya, Kang menemukan bahwa ekstrak dari tanaman ginseng merah korea memiliki khasiat dalam pencegahan terhadap virus influenza. Menurutnya, ekstrak dari tanaman ginseng merah dapat meningkatkan kelangsungan hidup sel epitel pada paru-paru manusia yang terinfeksi virus influenza . Selain itu juga , pengobatan dengan ekstrak ginseng merah dapat mengurangi ekspresi gen yang menyebabkan peradangan. Kesimpulan dari Kang ini didasari pada hasil percobaannya menggunakan seekor tikus yang terinfeksi virus influenza. Dalam percobaannya tersebut diketahui bahwa tikus yang telah diberikan obat dari ekstrak ginseng merah menunjukkan efek terhadap kekebalan tubuh seperti merangsang produksi protein antivirus yang penting dalam respon imun (kekebalan tubuh) dan sel-sel inflamasi pada di dinding bronkial.  Selain itu juga, Kang berkesimpulan bahwa ekstrak dari ginseng merah memiliki kemampuan sebagai antivirus  atau kemampuan dalam mengobati RSV. Kang menemukan ekstrak ginseng merah Korea dapat meningkatkan kelangsungan hidup sel epitel paru-paru manusia terhadap infeksi RSV dan menghambat virus untuk bereplikasi di dalam tubuh. 

0 comments:

Post a Comment

 
Back to top!