Searching...
Monday, April 14, 2014

Klasifikasi Tumbuhan Paku dan Peranan Pada kehidupan



Tidak lengkap rasanya jika kita membahas sesuatu tidak sampai tuntas. Seperti janji saya kepada para pembaca sekalian dalam artikel saya sebelumnya dimana saya berjanji akan membahas lagi mengenai pterydophyta atau tumbuhan paku.Nah…untuk kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai klasifikasi tumbuhan paku dan manfaatnya pada kehidupan yang mana untuk melengkapi artikel saya sebelumnya yang sudah anda baca tentunya yakni ciri-ciri dan reproduksi tumbuhan paku. Untuk yang sedang mencari informasi mengeni tumbuhan ini, silahkan ikuti saja penjelasan saya sampai tuntas.

Kalsifikasi Tumbuhan Paku
Tumbuhan paku dibagi divisi menjadi empat yaitu Psilotophyta, Lycophyta, Sphenophyta, dan Pterophyta. Berikut ini akan saya bahas secara ringkas keempat divisi tersebut.
1. Psilotophyta
Psilotum sp
Psilotophyta merupakan tumbuhan paku sederhana dan hanya mempunyai dua generasi. Contoh yang sudah dikenal adalah Psilotum sp. yang tersebar luas baik di daerah tropis maupun subtropis
Pada generasi saprofit, Psilotum sp. mempunyai ranting dikotom dan tidak memiliki akar dan daun. Adapun sebagai penganti akarnya yaitu mempunyai rizoma yang diselubungi rambut-rambut kecil yang disebut rizoid.



2. Lycophyta
Untuk spesies ini hanya sedikit yang bertahan hidup, seperti genus Lycopodium sp. dan Selagenilla sp.
Spesies Lycopodium merupakan tumbuhan tropis dan hidup sebagai epifit (menempel pada tumbuhan lain) sedangkan untuk spesies lainnya hidup di daerah subtropis. Lycopodium sp. termasuk paku homospora karena menghasilkan spora tunggal yang aan berkembang menjadi gametofit biseksual yang memiliki organ jantan dan betina. Sedangkan Selaginella sp. merupakan tanaman heterospora, karena mneghasilkan dua jenis spora.

Lycopodium sp.
Selaginella sp.

3. Sphenophyta
Orang-orang lebih mengenal tumbuhan ini dengan sebutan  paku ekor kuda. Kebanyakan tumbuhan paku yang satu ini hidup di tempat yang basah seperti rawa. Paku ekor kuda memiliki daun kecil, batang, dan akar sejati. Sphenophyta bersifat homospora. Contohnya adalah Equisteum sp.
Equisteum sp.

4. Pterophyta
Pterophyta banyak terdapat di hutan subtropics. Paku Pterophyta mempunyai daun-daun yang lebih besar dibandingkan dengan divisi yang lain. Contoh jenis tumbuhan paku ini adalah Marsilea crenata dan Asplenium nidus.
Marsilea crenata
Asplenium nidus


Manfaat Tumbuhan Paku Bagi Kehidupan
Beberapa jenis tumbuhan paku bermanfaat bagi kehidupan manusia. Dibawah ini akan saya jelaskan pemanfaatan tumbuhan paku oleh manusia.
Sebagai tanaman hiasan :
· Platycerium nidus (paku tanduk rusa)
· Asplenium nidus (paku sarang burung)
· Adiantum cuneatum (suplir)
· Selaginella wildenowii (paku rane)
Sebagai bahan penghasil obat-obatan :
· Asipidium filix-mas
· Lycopodium clavatum
Sebagai sayuran :
· Marsilea crenata (semanggi)
· Salvinia natans (paku sampan = kiambang)
Sebagai pupuk hijau :
· Azolla pinnata >> bersimbiosis dengan anabaena azollae (gangang biru)
Sebagai pelindugn tanaman di persemaian :
Gleichenia linearis

Nah.. tuntas sudah artikel yang saya bahas mengenai tumbuhan paku. semoga artikel yang saya tulis ini bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun anda berada. Jika ada yang kurang jelas bisa berkomentar di blog ini. Terima kasih

1 comments:

 
Back to top!