Searching...
Sunday, April 13, 2014

Tips Mengetahui Kualitas Backlink


Untuk anda yang hobi dalam ngeblog, tentu backlink sudah tidak asing lagi di telinga anda. Baclink mempunyai peranan yang penting dalam memagang SEO itu sendiri. Melalui backlink lah para blogger hingga webmaster berlomba-lomba untuk mendapAtkan baclink sebanyak-banyaknya baik itu menggunakan Black Hat SEO atau White Hat SEO demi blognya bisa magang di SERP google. 
Namun di tahun ini dan mungkin akan seterusnya, google telah mulai membatasi jumlah backlink melalui alogaritmany seperti google dance, google sandbox, pagerank, rel no follow dan do follow hingga google banned yang paling ditakuti. Oleh karena itu mencari backlink menggunakan Black Hat SEO dan sebanyak banyaknya akan menjadi sia-sia belaka. Nah, sebaiknya dalam mencari backlink, terlebih dahulu kita harus melihat kualitas backlink tersebut dan kita juga harus memperhatikan tolak ukurnya sendiri.
Berikut beberepa tolak ukur backlink yang bisa saya bagi untuk menambah pengetahuan anda :

1.      Pagerank atau peringkat 
Pagerank merupakan sistem yang berasal dari algoritma google untuk memberikan peringkat pada search engine atau mesin pencarian  dimulai dengan angka 0 sampai dengan 10. Semakin tinggi angka yang diraih maka akan semakin bagus. Perhitungan pagerank sebenarnya mudah saja jika dikaitkan bersama backlink. Misalnya backlink yang kita peroleh berkualitas lebih dari blog kita sendiri serta mempunyai pagerank yang melebihi blog kita maka bisa disebut kualitas backlink yang sangat baik. 

2.   Rel no follow dan do follow  
Rel no follow dan do follow merupakan atribut suatu link yang dapat di katakan dengan link live for life and death. Jika atribut Nofollow tidak memberikan pengaruh peningkatan rank. Kebalikannya, atribut Dofollow malah yang akan memberikan info kepada mesin pencarian atau search engine, serta memberi pengaruh peningkatan rank kepada target link dari suatu teks hyperlink.

3.    Lokasi link  
Lokasi Link ternyata juga bisa mempengaruhi bagaimana baiknya kualitas suatu link. Search Engine (Mesin Pencari) lebih menyukai link yang dibangun secara alami. Artinya Backlink yang ditulis sendiri lebih baik jika dibandingkan dengan link terdapat dalam suatu komentar atau dalam kata lain Link dalam isi posting misalkan di suatu forum lebih bagus kualitasnya.

4.   Anchor text
Anchor Text ternyata juga memilki peranan penting dalam hal SEO. Mengapa demikian??  karena pada link/url tersebut anchor text yang telah dituliskan akan diikuti dan diingat oleh mesin pencari (SE). Maka Url dengan banyak backlink yang diikuti anchor text tertentu maka Search Engine akan memberi posisi yang lebih bagus.

5.   Tema Blog / Web
Tema atau isi blog maupun web juga menentukan untuk baik tidaknya backlink. Dapat diartikan bahwa link dari web atau blog dengan satu niche (tema) akan lebih baik jika dibandingkan dengan link dari url web yang tidak setema. Sebagai contoh misal saya memiliki web/blog yang bertema tentang cinta dari link web/blog lain yang berisi tentang download game. Nah karena berbeda tipe tema maka kemungkinan akan lebih buruk kualitanya. maka link dari sesama blog niche yang sama atau tidak jauh berbeda, misal blog game dengan blog game, kualitas backlinknya akan jauh lebih bagus.
 
6.  
Jenis BackLink
Ternyata jenis backlink pun juga menentukan, seperti Link satu arah yang biasa disebut One Way Link umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus jika dibandingkan dengan link bertautan (Two Way Link) pada umumnya seperti blog / web yang bertukar link.

7.  Jenis Domain
Menurut master SEO dan sudah dari dulu diterapkan, backlink yang berasal dari domain seperti .gov dan .edu akan memilki kualitas yang jauh lebih bagus juka dibandingkan domain manapun. Itu berdasarkan Opini yang telah dibuktikan menjadi suatu fakta.

8. Ragam Domain dan IP
Pengaruhnya pada ragam domain dan ip disini terletak pada jumlahnya link. semisal: 200 backlink yang berasal dari satu domain yang sama, tentu backlinknya akan jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan 200 backlink dari 200 domain dan ip yang berbeda. Maka dari itu semisal bisa anda coba sendiri dengan sub domain blogspot dengan backlink dari sub domain wordpress, pasti akan berbeda bukan ?
 

Nah...Itulah beberapa uraian yang bisa saya jelaskan mengenai kualitas Backlink, semoga postigan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi anda. Terima Kasih :-)
ebaiknya dalam mencari baklink lihat kualitas backlink tersebut dan kita juga harus memperhatikan tolak ukurnya sendiri. Berikut beberepa tolak ukut backlink yang bisa menambah pengetahuan anda

Source: http://copozone.blogspot.com/2014/02/cara-mengetahui-kualitas-backlink.html
Disalin dari Jago SEO, gudangnya trik tips SEO dan Blog.
ebaiknya dalam mencari baklink lihat kualitas backlink tersebut dan kita juga harus memperhatikan tolak ukurnya sendiri. Berikut beberepa tolak ukut backlink yang bisa menambah pengetahuan anda

Source: http://copozone.blogspot.com/2014/02/cara-mengetahui-kualitas-backlink.html
Disalin dari Jago SEO, gudangnya trik tips SEO dan Blog.

1 comments:

  1. Your website nice, may be useful for many people. I entrusted this link, I hope you agree, thank you.

    Obat Penyakit GERD

    ReplyDelete

 
Back to top!